Rabu, 05 Mei 2010

Pola tubuh zebra

Kalau mau menyeberang jalan, pasti ibu guru menyuruh kita untuk menyeberang di Zebra Cross. Bagaimana kita mengenalinya? Itu lho, bagian jalan yang dicat mirip zebra, belang-belang hitam putih.
Jadi bertanya-tanya, apakah makna dibalik pola tubuh Zebra yang demikian? Apakah semua zebra memiliki pattern yang sama? Kalau dalam film Madagascar Escape To Afrika 2, seorang anak Singa–Alex–nggak bisa membedakan teman Zebranya karena menurutnya polanya sama seperti Zebra-zebra lain, pasti itu karena Alex belum menemukan bedanya. Kalau dipikir-pikir sih memang susah sekali ya membedakannya. Jangankan mencari perbedaan, mengamatinya saja bisa buat kita puyeng, polanya sama!
Padahal, tau nggak, nggak ada satu pun zebra yang memiliki pola tubuh yang sama. Pasti berbeda antara yang satu dengan yang lain. Berarti, kalau ada 1.000 Zebra, ada 1.000 pola yang berbeda juga dong? Iya!
Dulu Darwin sempat ragu, apakah pola hitam putih pada Zebra merupakan output dari evolusi, dan mengikuti teori evolusi yang ia kemukakan.
Ilmuwan lain–Wallace–menyebutkan bahwa pola tersebut memiliki makna tersendiri, yakni membantu Zebra untuk berbaur dengan lingkungannya, terutama untuk menghindarai pemangsa. Hmm.. kira-kira menghindari pemangsa yang dimaksud seperti apa ya? (^_^)7

Tidak ada komentar:

Posting Komentar